Saturday, June 27, 2009

Hubungan antar Ekspresi lisan dan Ekspresi tulis

2.2.3 Hubungan antar Ekspresi lisan dan Ekspresi tulis

Antara komunikasi lisan dan tulisan erat sekali hubungannya karena keduanya mempunyai banyak kesejajaran bahkan kesamaan, antara lain:

a) Sang anak belajar berbicara jauh sebelum dia dapat menulis dan kosakata, pola-pola kalimat, serta organisasi ide-ide yang membveri ciri kepada ujarannya merupakan dasar bagi ekspresi tulis berikutnya.

b) Sang anak yang telah dapat menulis dengan lancer biasanya dapat pula menuliskan pengalaman-pengalaman pertamanya secara tepat tanpa diskusi lisan pendahuluan tetapi dia masih perlu membicarakan ide-ide yang rumit yang diperolehnya dari tangan kedua.

c) Aneka perbedaan terdapat antara komunikasi lisan dan tulis. Ekspresi lisan cenderung ke arah kurang berstruktur, lebih sering berubah-ubah, tidak tetap, tetapi biasanya lebih kacau serta membingungkan daripada ekspresi tulis. Sebaliknya, komunikasi tulis cenderung lebih unggul dalam isi pikiran maupun structur kalimat, lebih formal, dalam gaya bahasa, dan jauh lebih teratur dalam penyampaian ide-ide.chord adsense mortgage ga jelass all about

d) Membuat catatan serta merakit bagan atau ide-ide yang akan disampaikan pada suatu pembicaraan akan menolong para siswa untuk mengutarakan ide-ide tersebut kepada para pendengar

Menyimak dan berbicara erat hubungannya dalam hal bahwa keduanya merupakan alat untuk menerima komunikasi. Berbicara dan menulis erat berhubungan dalam hal bahwa keduanya meupakan cara untuk mengekspresikan makna atau arti. Dalam penggunaannya keempat keterampilan tersebut sering sekali berhubungan satu sama lain. Seorang pembicara menafsirkan response pendengaran terhadap suaranya sendiri. Dalam pencakupan jelas bahwa berbicara dan menyimak hamper-hampir merupakan proses yang sama.

No comments:

Post a Comment