Saturday, June 27, 2009

1) Fungsi instrumental bertindak untuk menggerakkan serta memanipulasikan lingkungan, menyebabkan peristiwa tertentu terjadi. Misalnya, “Jangan pegang pisau itu”

2) Fungsi regulatori atau fungsi pengaturan bahasa merupakan pengawasan terhadap peristiwa-peristiwa.Misalnya, kalau saya berkata:”Kamu mencuri karena itu kamu dihukum!”

3) Fungsi respresentasional adalah penggunaan bahasa untuk membuat pernyataan-pernyataan, menyampaikan fakta-fakta, dan pengetahuan. Misalnya “Matahari panas”

4) Fungsi interaksional bahasa menjamin serta memantapkan ketahanan dan kelangsungan komunikasi social.Keberhasilan komunikasi interaksional ini menuntut pengetahuan secukupnya mengenai logat(slang), jargon,lelucon,cerita rakyat, adapt istiadat, tata karma, dan sebagainya.

5) Fungsi personal bahasa memberikan kesempatan kepada seseorang pembicara untuk mengekspresikan perasaan, emosi, pribadi, serta reaksinya yang mendalam.

6) Fungsi heuristic melibatkan penggunaan bahasa untuk memperoleh ilmu pengetahuan, mempelajari seluk-beluk lingkungan. Fungsi heuristic biasanya disampaikan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan “mengapa”mengenai dunia sekeliling mereka, Misalnya penyelidikan atau rasa ingin tahu merupakan suatu metode heuristic.chord adsense mortgage ga jelass all about

7) Fungsi imajinatif bertindak untuk menciptakan system-sistem atau gagasan-gagasan imajiner. Mengisahkan cerita dongeng, lelucon, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment